Wednesday, October 14, 2009

LATSAR PB STKS Bandung 2009

Wednesday, October 14, 2009
Lumayan dua hari bisa tidur nyenyak, sekarang waktunya gw mesti survival di alam terbuka (halah ndink! cuma latsar doank ko pake bahasa survival!). Ya gitu dec... Latsar PB, alias Latihan Dasar Penanggulangan Bencana, semua mahasisawa baru STKS mesti ngikut n’ ini wajib, soalnya jadi syarat pas nanti nyusun KIA. yah..padahal masih cape nic gara-gara PPI kemaren, mana batuk pula, tapi ya udahlah dipaksaain ja. Ga mati ini...
Gw sempet tanya-tanya dulu ma kk senior tentang latsar. Alhasil? Wuuiih!!! Katanya serem banget, abis latihannya di barak obama!!! Eh?? Salah! Salah! Salah! Di barak TNI dink! Lebih parah dari PPI kemaren, abis disana ntar kita bukan cuma latihan penanggulangan benacana, tapi kita kena bencana beneran! Weleeeh!!! Maksude opo to mas??? Gini.... pokoknya kita di sana latihanya mirip latihan TNI, bayangin ja sendiri gimana. Yang bikin parah lagi, acara makannya (makan lagi??? Yang kemaren ja dah parah gitu, ampe muntah-muntah gw, gmana yang ini?). Kata kk senior kita makanya diselingi push up, jadi pas makan trus denger peluit, ya push up please.... (alamaaaak!!!! Macam mana pula ni!!!) Lho ndink, bukanya lu orang jawa, ko logatnya minang? (oya, lali mas. hehehehe...)
Pas hari kamis, kita tecnical meeting dulu (bener ga ya tulisannya kaya gitu? Ga yakin gw). Kita di kasih tw apa-apa ja yang mesti dibawa, pas denger daftar apa ja yang dibawa, hmm beneran nic survival! Tapi untung barang-barangnya gampang dicari, jadi ga terlalu berat buat gw yang orang baru di Bandung. Trus katanya kelompoknya masih tetep sama kelompok kemaren pas PPI, oh thanx God, bisa bareng dia lagi. Jadi bisa mulai melancarkan proses selanjutnya. Ehm..ehm..ehm ^^. Oh ya, berhubung ini latsar bukan pake kelompok lagi, tapi namanya diubah jadi pleton.
Pas hari sabtu, kita dikasih baju latsar, ransel, matras, sepatu (gila ni sepatu, beratnya hampir 3 kilo!), topi sama seragam tagana. Dan mingggu paginya, biasa sebelum subuh, qt dah kumpul di kampus buat persiapan berangkat (ga mandi lagi gw, adeem!!!). Yah sebelum acara mulai pasti ada kegiatan rutin, perkenalan, penjelasan, e te ce lah. Sampe akhirnya kendaraan mewah menjemput kita untuk berangkat (ndink, perasaan kemaren kita naek truk dec?). Di perjalanan gw dah mulai mbayangin bencana yang bakal gw hadapin nantinya (idup g ya gw nanti?. Waktu sampai gw kaget! Lha? Katanya di barak tentara ko malah di buper kiara payung? What is the maksud?!! Maksude opo iki?
Ternyata dari pihak lembaga dah ngerubah sistem latsar, ga kaya TNI lagi tapi mahasiswa baru dilatih pake sistem tagana, nah gitu donk, kita kan mw nolongin orang bukan mw perang. Acaranya dah langsung mulai tuc, kita disuruh lari dari pintu masuk buper sampai lapangan. Lumayanlah buat pemanasan, cuma 2 kilo doank! (gebleg! Sambil bawa ransel beratnya 20 kilo, lu bilang “Cuma”???). gw pikir acaranya mw gimana, abiz namanya latsar si, ternyata sama ja kaya PPI, kita dikasih materi-materi yang bermanfaat buat nolongin orang yang kena bencana alam. Asik juga, ternyata ga seserem yang dibilangin senior. Tapi kalo dulu latsarnya senior emang seserem itu ya.... SUKURIN!!! WEEEEEEEEEKKKK!!!!! RASAIN TUC!!!! EMANG ENAK??!!!! WAKAKAKAKAKAKAK!!!!!!!!
Tapi emang bener si apa kata senior, yang ga enak tu acara makannya, ga jauh beda ma PPI. Di hari pertama kita dikasih materi ama sedikit olahraga ringan, semacam lari, push up, sit up e te ce lah, tapi saking dinginnya di buper di tambah cape, kita ga mandi waktu itu. biarin dec... dah gitu kita tidur di tenda-tenda cuma pake matras, dingin banget sumpah! Untung gw bawa sleeping bag!
Hari kedua-ketiaga acaranya hampir sama, Cuma pas hari ketiga kita dilatih simulasi bencana. Ni yang paling asik!!! Mula-mula di bentuk tim tenda, tugasnya bikin tenda darurat dalam waktu sepuluh menit. Anggotanya cowo-cowo yang badanya gede. si Ntiz ngikut tim ini. Ada lagi tim TRC alias tim reaksi cepat, tugasnya ngasih pengumuman darurat kalo terjadi bencana. Ada tim posko di tenda buat nyatat data korban, tim komunikasi, tim PP buat nolongin korban yang luka-luka, gw ketua tim ini, sekalian njagain si ehm...ehmm^^, trus tim evakuasi yang ngangkut korban ke tenda, tim peksos kalo ada korban anak-anak ataw yang kena ganguan mental, tim logistik yang nyiapin segala macam alat-alat termasuk obat-obatan, tim dapur umum, terakhir tim korban. Kasihan....
Skenarionya, ada sekelompok warga, trus kena gempa bumi. Tim TRC lalu lapor ke pemerintah setempat buat manggil bantuan. Tim Evakuasi langsung menuju lokasi bencana dengan membawa serta Tim PP, I’m coming, don’t worry, the hero is here!!!, dan tim tenda langsung bergerak nyiapin tenda darurat. Sreet! Jeglag! Wyuus! Tengkling! Dalam sepuluh menit tenda raksasa pun berdiri dengan gagahnya. Tim PP dan Tim Evakuasi bekerjasama dengan sangat terorganisir, karena instruksi dari ketua Tim PP yang sangat cerdas dan profesional ^^, korban pun diangkut dengan cepat dan tepat. Semua korban dibawa ke tenda darurat untuk diberi pertolongan darurat, di sini semua tim bekerja dengan cepat. Tim PP sibuk menangani korban yang mengalami luka parah, tim peksos menangani korban anak-anak dan trauma, lalu tim posko sibuk mencatat data korban yang terus bertambah, dan tim komunikasi sibuk berlarian menghubungkan tim yang satu dengan yang lain. Tim dapur umum juga sudah sibuk nyiapin makanan buat korban. Dan tim logistik mencatat apa-apa ja yang dibutuhin.
Hari besoknya kita dah make baju tagana, acara hari itu kita nglaksanain simulasi yang dah di latih kemaren disaksikan pejabat STKS dan Pejabat DEPSOS serta Pejabat PEMDA setempat, diliput sama tv juga lho. Waktu itu kita bener-bener ngrasain gimana saat terjadi bencana. Cape, stress, panik, tapi juga menantang.. Acara terakhir kita upacara pelantikan tagana.
Akhirnya selesai juga Latsar PB, selama empat hari di buper Kiara Payung. Sumpah ini salah satu pengalaman yang paling exciting bwt gw. Buat temen-temen yang pengen jadi peksos atau punya kepedulian terhadap sesama, ayo masuk STKS. Di sini temapatnya orang-orang berjiwa sosial dilatih jadi profesional.

Salam Tagana!
Ndink_gila@dreamerssehati.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

 
DREAMERS SEHATI ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates